• October 31, 2020

Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang Melaksanakan Upacara Bendera Peringatan Ulang Tahun Ke-75 RI

 Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang Melaksanakan Upacara Bendera Peringatan Ulang Tahun Ke-75 RI

Tangerang, skalainfo.net |  Lembaga Pemasyarakatan Pemuda Kelas IIA Tangerang (Lapas Pemuda Tangerang), Unit Pelaksana Teknis di bawah naungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten yang juga menjadi salah satu cagar budaya di Kota Tangerang, hari ini melaksanakan Upacara Bendera Peringatan Ulang Tahun Ke-75 Republik Indonesia. Upacara ini dipimpin langsung oleh Plt. Kepala Achmat Muchlisin dan seluruh Pejabat Struktural.

Selain itu, Upacara juga diikuti oleh perwakilan JFU dan JFT, pegawai penerima penghargaan Satyalencana Karya Satya, perwakilan WBP yang menerima Remisi Umum 17 Agustus Tahun 2020, Pramuka, perwakilan Santri Pesantren At-Taubah, serta mahasiswa Kampus Kehidupan. Upacara dilaksanakan di Lapangan Utama Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang, Senin (17/8/2020).

Membacakan sambutan Menkumham di sela-sela Upacara, Plt. Kalapas mengatakan bahwa Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 merupakan titik tertinggi dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Proklamasi merupakan sebuah pernyataan bahwa bangsa Indonesia telah berhasil melepaskan diri dari belenggu penjajahan. Selain itu, Plt. Kalapas juga mengatakan bahwa tiap-tiap Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) merupakan bagian dari Warga Negara yang tetap memiliki hak-hak yang mesti dihormati dan dipenuhi. Salah satu hak yang dimiliki adalah hak untuk mendapatkan Remisi. Sebanyak 1.266 WBP mendapatkan Remisi Umum 17 Agustus Tahun 2020.

“Upacara ini merupakan pengingat atas nikmat dan anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa yang telah memberikan kemerdekaan kepada kita. Rasa syukur dalam memperingati Hari Kemerdekaan ini tentunya menjadi milik segenap masyarakat Indonesia pada umumnya, dan WBP pada khususnya,” kata Achmat Muchlisin. “WBP merupakan bagian dari warga Negara yang tetap memiliki hak-hak yang mesti dihormati dan dipenuhi.”

Resmikan Pesantren At-Taubah V

Selesai Upacara, rombongan langsung menuju Blok D Hunian WBP dalam rangka peresmian Pesantren At-Taubah V. Pesantren ini merupakan yang kelima di Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang. Acara dipimpin langsung oleh Plt. Kalapas Achmat Muchlisin.

Dalam sambutannya, Plt. Kalapas berpesan agar pesantren At-Taubah V bisa mengikuti pendahulunya dalam menciptakan dan mengembangkan kepribadian WBP yang beragama Islam, yaitu kepribadian yang beriman dan ber- takwa kepada Allah SWT, berakhlak mulia, bermanfaat bagi masyarakat atau berkhidmat kepada masyarakat dengan jalan menjadi kawula atau abdi masyarakat, sebagaimana ke-pribadian Nabi Muhammad SAW.(why/red),