• October 26, 2020

Danrem 071/Wijayakusuma Pimpin Apel Kehormatan Dan Renungan Suci (AKRS) HUT RI Ke-75

 Danrem 071/Wijayakusuma Pimpin Apel Kehormatan Dan Renungan Suci (AKRS) HUT RI Ke-75

Purwokerto, skalainfo.net | Komandan Korem 071/Wijayakusuma, Kolonel Inf Dwi Lagan Safrudin, S.I.P., memimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS) dalam rangka memperingati Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-75, Minggu (16/8/2020) di Taman Makam Pahlawan (TMP) Tanjung Nirwana Purwokerto, Banyumas.

Apel Kehormatan dan Renungan Suci tersebut yang diselenggarakan tingkat Pemkab Banyumas tanpa mengurangi standar protokol kesehatan dimasa New Normal pandemi Covid-19, dengan menerapkan 3 M (Memakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak) serta cek suhu tubuh bagi para peserta dari Forkopimda Banyumas beserta perwakilan OPD Banyumas.

Kita sebagai bangsa yang besar dan merdeka harus menghargai serta menerapkan nilai-nilai kepahlawan yang telah dicontohkan oleh para pahlawan yang memperjuangkan kemerdekaan negara Indonesia. Hal ini dikatakan Danrem 071/Wijayakusuma usai melaksanakan apel renungan suci.

Dikatakan Kolonel Dwi Lagan, renungan suci merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang dilakukan sebagai bentuk menghormati jasa-jasa para pahlawan yang dulunya mempertaruhkan nyawa untuk merebut Kemerdekaan NKRI dari para penjajah. “Kita harus dapat memahami dan mengambil hikmah dari kemerdekaan yang telah diperjuangkan para pahlawan. Sebagai warga negara yang baik, janganlah hanya menikmati dan mengenang jasa para pahlawan bangsa, akan tetapi kita harus mempertahankan kemerdekaan yang telah diraih ini dengan meningkatkan rasa nasionalisme dan patriotisme serta menunjukkan prestasi yang baik kepada negara ini,” terangnya.

Tampak hadir dalam acara apel renungan suci tersebut, selain Danrem 071/Wijayakusuma, Kapolresta Banyumas Kombes Pol Whianu Caraka , S.IK., Bupati Banyumas Ir. Ahmad Husein dan Dandim 0701/Banyumas Letkol Inf Candra, SE., M.I.Pol., beserta unsur Forkopimda Kabupaten Banyumas, anggota TNI, Polri, anggota Pramuka, serta peserta upacara renungan suci lainnya.

Dalam pelaksanaan renungan suci, Danrem mengatakan kata-kata yang begitu tegas dan penuh rasa hormat, “Kami hadir guna menyatakan rasa hormat yang sebesar-besarnya atas keikhlasan dan kesucian pengorbanan saudara-saudara sebagai pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kebahagian negara bangsa Indonesia ini”.

“Kami bersumpah dan berjanji, bahwa perjuangan saudara-saudara adalah perjuangan kami pula. Jalan kebaktian yang saudara-saudara tempuh adalah jalan bagi kami juga. Semoga arwah saudara diterima Tuhan YME dan dapat tempat sewajarnya,” imbuhnya.(MJ/red),