Tangerang, skalainfo.net | Pandemi Covid-19 yang berdampak signifikan di Indonesia membuat Alumni Akabri 89 terus bergerak menggelar pengabdian TNI-Polri Akabri 89. Para alumni Akabri ini terdiri dari matra Darat, Laut, Udara, dan Kepolisian melakukan bakti sosial (baksos) dengan memberikan paket pangan kepada keluarga kurang mampu serta para buruh yang terkena PHK akibat dampak Covid-19.

Secara simbolis, pemberian bantuan dilaksanakan di lapangan upacara Mapolresta Tangerang, Jumat (19/6/2020) usai pelaksanaan Apel Pengabdian TNI-Polri AKABRI angkatan 89. Selanjutnya, ratusan paket bantuan akan diserahkan secara door to door ke kediaman penerima.

Paket bantuan diserahkan secara simbolis oleh Brigjen Pol Ermayudi yang berdinas di Badan Intelejen Negara (BIN), Kombes Pol Adang Ginanjar dari Mabes Polri, Kolonel Nawa dari TNI Angkatan Udara (AU), Kolonel Ari Pitoyo dari TNI Angkatan Darat (AD), Kolonel Andhi dari TNI AU, dan Kombes Pol Yudi dari Polda Banten dan alumni Akabri 89 lain yang mengikuti Baksos ini. Kegiatan itu turut dihadiri Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi juga perangkat pemeritah Daerah setempat.

Perwakilan Akabri 89 Kolonel Ari Pitoyo mengatakan, kegiatan baksos itu merupakan bentuk sinergisitas TNI-Polri,” ujarnya,

sinergisitas itu kemudian diaplikasikan dalam kepedulian sosial pemberian paket bantuan kebutuhan pokok.

”Ini merupakan pengabdian kami dalam kepedulian kondisi Bangsa dan masyarakat saat ini,” tutur Ari.

Ari berharap bantuan yang diberikan dapat bermanfaat yakni turut meringankan beban masyarakat penerima. Ari juga berharap, Akabri 89 dapat terus memberikan kontribusi bagi Bangsa dan Negara.

“Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan dapat terus menebar manfaat untuk sesama,” ujarnya.

Ari juga mengimbau masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Menggunakan masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan sebisa mungkin dijadikan sebagai kebiasaan.

“Kami harap semua warga bersabar dengan pandemi Covid-19 ini. Semoga bantuan kecil ini dapat diterima dan dapat menggugah warga yang mampu untuk bertindak serupa, mendukung pemerintah mengatasi kesenjangan ekonomi di tengah pandemi Covid-19,” ucap Ari.

Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi mengapresiasi kegiatan sosial itu. Ia pun mengucapkan terima kasih dan berharap, kegiatan itu dapat menginspirasi kalangan untuk meningkatkan kepekaan sosial

“Memasuki tatanan hidup baru ini saya harap kita semua selalu waspada dengan mempedomani protokol kesehatan. Saya sangat mengapresiasi wilayah ini menjadi perhatian Akabri 89. Semoga Akabri 89 sukses kariernya,  bahagia keluarganya, dan mendapat perlindungan dari Allah SWT,” tutur Ade.

Aksi baksos Akabri 89 ini merupakan rangkaian kegiatan yang digelar alumninya diseluruh Indonesia di tempat tugas para alumni Akabri 89. Pernyataan itu disampaikan Deputi Bidang Koordinasi Pertahanan Negara Kemenkopolhukam RI Mayjen TNI Rudianto selaku Ketua Alumni Akabri 89.

“Kami menjalankan salah satu program pemerintah untuk meningkatkan pemerataan ekonomi dan pengurangan kesenjangan. Semoga pendistribusian sembako alumni Akabri 89 dapat bermanfaat bagi masyarakat,” harap Mayjen TNI Rudianto.

Kabaharkam Polri  Komjen Pol Drs Agus Andrianto yang juga merupakan alumni Akabri 89 di tempat terpisah menyampaikan, aksi solidaritas sosial yang dilaksanakan para alumni Akabri 89 merupakan wujud pengabdian yang solid antara TNI dan Polri yang digelar di berbagai kewilayahan di Indonesia oleh para alumni Akabri 89 dalam rangka membantu meringankan beban masyarakat  terdampak Covid-19.

“Aksi Solidaritas Sosial alumni Akabri 89 merupakan tindak lanjut arahan Panglima TNI dan Kapolri untuk menggalang dan menggerakan masyarakat yang mampu untuk turut serta memberikan Bantuan Sosial kepada warga yang  terdampak Pandemi Covid 19,” ujar Komjen Agus.

Selain itu ditambahkan oleh Komjen Agus bahwa kegiatan ini juga sebagai bentuk penghargaan dan terima kasih TNI-Polri kepada masyarakat bahwa hasil survey menunjukkan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap TNI-Polri cukup tinggi dalam peranannya percepatan penanganan pandemi covid-19 diseluruh Indonesia, dimana tingkat tertinggi adalah institusi TNI dan ketiga Polri setelah Lembaga Kepresidenan.(why/red)

By admin

-+=