• November 30, 2020
 Lapas kelas 1 Tangerang Berikan Layanan  3 Aplikasi Pelayanan Online

Tangerang, skalainfo.net | Lapas Kelas 1 Tangerang mengikuti kegiatan evaluasi dan penilaian pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) oleh Tim Penilai Internal (TPI) Inspektorat Jenderal yang dipimpin oleh Eka Setyawati beserta tim berjumlah 3 (tiga) orang melalui media aplikasi Zoom. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Jum’at, tanggal 08 Mei 2020, pada Pukul 10:00 sampai dengan Pukul 12:00 WIB, bertempat di Ruang TPP Lapas Kelas 1 Tangerang.

Kegiatan evaluasi dan penilaian pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju WBK/WBBM oleh Tim Penilai Internal (TPI) Inspektorat Jenderal ini diikuti oleh seluruh tim pembangunan zona integritas Lapas Kelas 1 Tangerang, mulai dari Kalapas Jumadi sebagai Penanggung Jawab, Kabid Giatja Andi Wijaya Rivai selaku ketua tim kerja Pembangunan ZI serta seluruh koordinator bidang area perubahan.

Kegiatan diawali dengan penampilan Yel-Yel WBK/WBBM yang dilanjutkan paparan pelaksanaan 6 area perubahan oleh Kalapas Jumadi.

Setelah itu Tim penilai memastikan kesesuaian data dukung yang terdapat didalam komponen pengungkit yang berisikan 6 (enam) area perubahan seperti Manajemen Perubahan, Penataan Tatalaksana, Penataan Manajemen SDM, Penguatan Akuntabilitas Kinerja, Penguatan Pengawasan dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik.

“Ketika sesi tanya jawab, Tim Penilai Internal Inspektorat mengapresiasi beberapa terobosan inovasi layanan publik Lapas Kelas 1 Tangerang, yang pertama Layanan Kunjungan “BISA JUMPA” atau singkatan dari Biar Santai Daftar Kunjungan Melalui HP Anda. Layanan yang dimaksud adalah Layanan pendaftaran berbasis online, selain itu juga tersedia layanan pengaduan online, layanan prioritas bagi difabel, lansia dan juga ibu hamil serta menyusui yang disediakan Ruang Laktasi, yang kedua Layanan Informasi “SIHAPI” atau singkatan Semua Informasi Hak Napi,

“Ada Disini. Seluruh layanan terkait hak WBP bisa diakses atau ditanyakan di ruang informasi khusus di dekat area kunjungan. Dan yang ketiga Layanan Kesehatan “SAHABAT” atau singkatan dari Setiap Saat Kami Ingin Anda Sehat. Adanya layanan bagi pengunjung apabila merasa kurang sehat bisa dilayani disini, selain itu perbaikan dan peningkatan fasilitas kesehatan dan penataan dabatase kesehatan sehingga membuat layanan kesehatan lebih mudah, cepat dan efektif dalam melayani Warga Binaan Pemasyarakatan.

Lapas Kelas 1 Tangerang melaksanakan pembangunan zona integritas menuju WBK dan WBBM ini adalah dalam rangka menunjukkan keseriusan dan kemauan untuk melakukan perubahan. Hal ini berdasarkan pula pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2019 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Nomor 52 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi Dan Wilayah Birokrasi Bersih Dan Melayani Di Lingkungan Instansi Pemerintah.(Eva/red)