• October 29, 2020

Muhadjir Effendy: Pembangunan Sumberdaya Manusia Dimulai Dari Hulu

 Muhadjir Effendy: Pembangunan Sumberdaya Manusia Dimulai Dari Hulu

Jakarta, skalainfo.net | Pembangunan Sumberdaya Manusia Indonesia dimulai dari dalam kandungan,  1000 hari  awal kehidupan, masa PAUD, masa SD, SMP, SMA, hingga Perguruan Tinggi.  Itu artinya pembangunan kualitas sumberdaya manusia Indonesia dimulai dari pembangunan keluarga. 

Demikian disampaikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy saat menyampaikan arahan pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) RPJMN 2020 – 2024 yang diselenggarakan di Istana Negara, Jakarta senin pagi.

Menurut Menko PMK, saat ini jumlah keluarga di Indonesia per Maret 2019 adalah sebesar 57.116.000.  Dari jumlah tersebut, 9,4 persen atau hampir 10 juta keluarga termasuk keluarga miskin atau sangat miskin. Bahkan jika ditambah dengan keluarga yang hampir miskin maka jumlahnya menjadi 16,82 persen.
 
Pemerintah, kata Menko PMK, berinisiatif akan menanggulangi kemiskinan dari hulunya, yaitu awal pembangunan keluarga atau pernikahan. Oleh karena itu, kata dia, pembangunan SDM melalui sertifikat bimbingan pra nikah sangat penting dan strategis. 

Dalam bimbingan pranikah, lanjut Menko PMK, calon pengantin yang nantinya akan membentuk keluarga baru akan dibekali dengan berbagai keterampilan salah satunya adalah kewirausahaan sebagai bekal untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga. “Kalau istilah presiden KUR Nikah,”ujarnya.

“Tujuan dari Pembangunan ini adalah bagaimana menyiapkan sumber daya manusia  yang produktif dan lapangan pekerjaan yang produktif . Hal inilah yang ditekankan oleh Presiden untuk membangun Indonesia maju, yang didukung oleh sumber daya manusia unggul dan berdaya saing tinggi,” kata Menko PMK.

Menko PMK menambahkan, bahwa Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, adalah upaya koordinasi yang dilakukan oleh Kemenko PMK yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia melalui pemenuhan kebutuhan dan pelayanan dasar masyarakat, meningkatkan kapabilitas manusia Indonesia melalui program pemberdayaan masyarakat, serta membangun karakter manusia Indonesia melalui pendidikan karakter, budaya prestasi,dan Gerakan Nasional Revolusi Mental.

Turut hadir dalam pembukaan Musrenbangnas 2020 – 2024, Presiden dan Wakil Presiden RI, Ketua DPR RI, Panglima TNI, Kapolri, para Ketua/Pimpinan Lembaga Negara lainnya, serta para Menteri Kabinet Joko Widodo – Maaruf Amin.(Humas Bapenas/team/red)